Who We Are » Dra. Thersiah L. Lubis, Psi., MA.

weare5

Minat saya terhadap psikologi diawali dengan pertanyaan, “apa yang sebetulnya berkecamuk dalam pemikiran seseorang, sehingga ia memunculkan perilaku tertentu?”, yang muncul pertama kali ketika saya duduk di kelas I SMA. Lalu, keikutsertaan saya dalam kegiatan drama/teater di Gelanggang Remaja kota Bandung, mengasah keingintahuan saya mengenai kepribadian.

 

Dalam perjalanan menempuh pendidikan S-1 di Fakultas Psikologi UNPAD, fanatisme terhadap psikologi semakin kuat setelah saya memasuki tahap pendalaman di jurusan Psikologi Klinis. Setelah lulus S-1, Pater Brouwer yang tadinya menjadi pembimbing skripsi, mengarahkan saya kepada praktek Psikologi Klinis Anak di RS Borromeus, Bandung. Saya benar-benar menikmati peran saya sebagai psikolog yang bekerja dengan beragam anak-anak “bermasalah”, sampai akhirnya saya sadari bahwa tampaknya “masalah” pada anak-anak tersebut tidak selalu bersumber pada anak-anak yang bersangkutan. Kembali lagi saya bereksplorasi, bagaimana seharusnya seorang psikolog mendefinisikan “masalah” pada manusia.

 

Kebesaran Allah SWT, menuntun saya sehingga saya menginjakkan kaki di Wilfrid Laurier University di Waterloo, Ontario, Canada. Di sana pertanyaan-pertanyaan saya tentang “masalah” manusia dijawab dalam berbagai diskusi dan perkuliahan dalam bidang Community Psychology. Begitulah gelar MA saya kantungi dan bawa pulang ke Indonesia.

 

Selanjutnya, selain mengajar di Fakultas Psikologi UNPAD, saya merambah area Community Development sebagai lahan praktek dan pengabdian saya kepada kemanusiaan, karena jawaban tentang “masalah” manusia, ternyata banyak ditemukan dalam area tersebut.